Alun alun Lor dan Kidul Keraton Solo Ditanami Rumput

Mei 21, 2024
Selasa, 21 Mei 2024


 KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH menegaskan jika baik Alor maupun Alkid akan ditanami rumput. Foto: Yani

GUGAT news.com SOLO 

Kepada GUGAT news yang menjumpai di ruang kerjanya Kori Kamandungan, belum lama ini, Kanjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, menantu Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan suami dari Gusti Mung, mengungkapkan jika baik Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan ditanami rumput bukan. Pasir laut kidul.

"Baik Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, nantinya tetap akan ditanami rumput bukan pasir laut kidul atau sungai dari manapun juga. Hanya saja, masalah jenisnya rumput belum bisa diceritakan. Semacam masih banyak kajian. Intinya tetap ditanami rumput bukan pasir laut. Apalagi laut kidul," jelas KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH.

Ditegaskan Kanjeng Edhie, sapaan akrab KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH, selain sudah tidak perlu dibahas masalah pasir laut kidul atau rumput, kesemuanya sudah jelas. Termasuk keresahan pedagang kaki lima yang dahulunya ada di area Alun alun Kidul, nantinya tetap bisa kembali berjualan. Hanya saja, harus mau memenuhi keputusan aturan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kondisi kaki lima tampak rapi dan teratur.

Nantinya ada shelter tersendiri khusus untuk pedagang kaki lima, mau kulineran atau berjualan apapun tetap harus memenuhi tata tertib yang sudah ditentukan. Kesemuanya itu diharapkan agar tidak semrawut dan kumuh seperti sebelum direvitalisasi. Termasuk masalah Kandang Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, juga akan ditata rapi dan tidak lagi menempati Sitihinggil Kidul.

Juga, lanjut Kanjeng Edhie, termasuk keberadaannya dua gerbong kereta api peninggalan Sinuhun Paku Buwono (PB) X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, keduanya akan dibersihkan, dirapikan lagi agar tidak dipakai tiduran mereka yang biasa menggelar kardus untuk tidur di sekitar gerbong. Alun alun Lor dan Kidul akan tampak ijo royo-royo dan mewah.

"Sudah jelas bukan? Baik Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tetap akan ditanami rumput, sehingga sudah tidak ada masalah lagi, termasuk Kandang Kebo Bule sekaligus pedagang kaki lima. Kesemuanya tertata bersih, rapi dan indah. Menjadikan destinasi wisata andalan di Kota Solo," pungkas KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH. #Yani.


Thanks for reading Alun alun Lor dan Kidul Keraton Solo Ditanami Rumput | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS