Angker'nya Kandang Kebo Bule

Mei 20, 2024
Senin, 20 Mei 2024


 Kandang Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang asli dan pertama di Kampung Gurawan, Pasar Kliwon. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Sepertinya sah dan wajar wajar saja, jika sesuatu benda yang umurnya sudah ratusan tahun itu akan memiliki nilai kesakralan tersendiri, tanpa terkecuali adanya peninggalan dari Sinuhun Paku Buwono (PB) II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berada di Kampung Gurawan, Pasar Kliwon dan tak jauh dari keraton, yaitu Kandang' Kebo Bule (1746).

"Kalau bagi yang mampu melihat secara metafisika atau spiritual tingkat tinggi serta mereka para indigo, bisa jadi dapat melihat wujud mahluk abstral nya Kandang' Kebo Bule Gurawan, kandang yang pertama kali dibuat keraton. Memang ada banyak sekali makhluk halus, namun keberadaan mereka tidak pernah mengganggu," jelas Sri Sapawi, Konsultan Spiritual Jawa yang tinggal di Gurawan.

Selain ada penampakan, lanjut Sri Sapawi, sosok tua berjubah namun tidak memiliki kepala, juga ada puluhan bahkan ratusan anak anak kecil berkepala botak serta bertelanjang bulat. Barangkali, itu anak anak yang disebut sebagai tuyul. Justru dirinya tidak tahu sebutannya. " Pastinya, mereka menakutkan wujudnya namun tidak mengganggu," jelas Sri Sapawi.

Sehingga tidaklah sedikit mereka para pemburu ngalap berkah dari berbagai daerah, biasa berdatangan untuk ziarah sekaligus ritual ngalap berkah di Kandang Kebo Bule yang hanya dipakai pada setiap menjelang kirab budaya menyambut datangnya tahun baru Syuro. "Sepekan sebelum dikirab, beberapa kebo bule itu dikandangkan di Gurawan ini," ujar Sri Sapawi.

Dahulunya, masih menurut penuturan Sri Sapawi, luas keberadaan Kandang Kebo Bule Gurawan ini sangat luas. Kini paling tinggal hanya 50 m2 dan seiring perkembangan zaman serta dibuatkannya kandang di Alun alun Kidul, sehingga sebagian lahan tanah kandang Kebo Bule di Gurawan banyak dipergunakan oleh mereka para abdi dalem Srati atau pawang Kebo Bule sebagai rumah untuk tempat tinggal keluarga. #Yani.


Thanks for reading Angker'nya Kandang Kebo Bule | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS