Gusti Dipo: Mau Rumput Atau Pasir Laut Sumonggo

Juni 21, 2024
Jumat, 21 Juni 2024


 KGPH Adp Dipo Kusumo Pengageng Perintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun PB XIII. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adp) Dipo Kusumo, Pengageng Perintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono ( PB) XIII, saat dikonfirmasi GUGAT news belum lama ini di saat acara Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengaku tidak bisa berkomentar banyak tentang revitalisasi Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Lha sumonggo saja, silakan kalau mau Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ditanami rumput ataupun ditutup dengan pasir laut kidul seperti halaman di sekitar Panggung Songgo Buwono. Hanya saja, perlu kajian yang lebih mendalam akan sisi baik buruknya perlu diperhatikan juga," saran KGPH Adp Dipo Kusumo.

Maksudnya, masih menurut penuturan Gusti Dipo, panggilan akrab KGPH Adp Dipo Kusumo, bagaimana kalau rumput dan pasir laut kidul berkaitan dengan beberapa acara ritual sakral Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Semisal Grebeg Gunungan Besar Iedul Adha, Poso Iedul Fithri dan Maulud yang pengunjungnya lebih banyak berdatangan dari berbagai daerah di luar kota Solo, Sekatenan.

Pastinya perlu kajian panjang dengan revitalisasi Alun alun Lor dan Kidul itu, masih banyak kegiatan yang harus dilakukan dan menggunakan kedua Alun alun milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini. Bukan hanya grebeg saja, melainkan masih banyak yang lainnya, semisal adanya kegiatan Akbar dari berbagai kegiatan budaya yang harus menggunakan Alun alun Lor dan Kidul.

"Saya tidak tahu secara pasti, mau ditanami rumput atau pasir laut, kembali saya tegaskan sumonggo saja, silakan saja yang pasti tidak merugikan satu dengan lainnya. Mungkin ditanami rumput laut malahan akan tambah seru nggih?" kelakar Gusti Dipo seraya tersenyum. #Yani. 

Thanks for reading Gusti Dipo: Mau Rumput Atau Pasir Laut Sumonggo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS