Kori Keraton Kulon Akses Masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Juni 29, 2024
Sabtu, 29 Juni 2024


 Kori ( pintu) Keraton Kulon Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini sudah puluhan tahun ditutup. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Dikatakan bapak bapak yang ada di angkringan depan samping kanan dari Kori Keraton Kulon Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu, jika pintu ditutup rapat rapat sekaligus di beri semacam pembatas, pengaman kawat berduri sekaligus dipasang tulisan himbauan agar tidak nongkrong, duduk duduk di depan pintu.

Entah ada apa maksudnya Pintu Keraton Kulon tersebut terus saja ditutup hingga puluhan tahun, tidaklah seorang warga Baluwarti jeron keraton atau warga masyarakat yang tinggal di dalam Benteng Baluwarti mengerti maksud dan tujuannya. 

"Kami sebagai warga jeron Beteng Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tidak ada yang tahu sama sekali kenapa lawang ( pintu) Keraton Kulon ini ditutup dan diberikan pengamanan kawat berduri." ujar Soleh, sambil menyeruput kopinya.

Akan halnya dengan beliau Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, melalui ponselnya mengatakan dirinya juga tidak tahu menahu kenapa Kori Keraton Kulon harus ditutup.

Yang pasti, lanjut Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, di belakang dari Pintu Keraton Kulon itu banyak sekali peninggalan sejarah dari Dinasti Mataram Islam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ada lapangan rumput untuk berlatih memanah senada muda PB XII, ada Bunker, ada pula sederetan kamar sebagai Ndalem Keputran, tempat tinggal putri raja.

Ada Masjid Pedjosono PB II, masih menurut penuturan Gusti Puger, ada batu hitam pasujudan yang biasa di pakai raja salat dan berdzikir, juga ada batu meteor yang saat itu jatuh dari langit dan ada di Sungai Opak, sebelah barat Candi Prambanan, Klaten. Sekarang ini dirawat di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Ada taman air blumbang atau kolam Bandengan yang di tengahnya ada bangunan rumah kecil dan berisikan peninggalan sejarah dari Sunan Kalijaga. Yaitu bernama Kutang Antakusuma, semacam perisai atau tameng untuk peperangan. Masih banyak yang lainnya. Mungkin dimaksudkan untuk menghindari sesuatu yang tidak baik terjadi, Pintu Keraton Kulon Kasunanan Surakarta Hadiningrat perlu ditutup rapat," pungkas Gusti Puger. # Yani.

Thanks for reading Kori Keraton Kulon Akses Masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS