Masjid Al Hijrah Saksi Hijrahnya Kampung Preman Karangasem

Juni 20, 2024
Kamis, 20 Juni 2024


 Ustadz Yoyok di depan ribuan Jama'ah Masjid Al Hijrah, Karangasem, Laweyan, Solo. Foto ; Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Allah SWT tidaklah akan merubah nasibnya sesuatu kaum tanpa mereka sendiri berusaha untuk merubahnya! Demikian ditegaskan oleh Ustadz Yoyok di serambi miliknya owners Ayam Bakar Wongsolo Grup, Puspo Wardoyo, Masjid Al Hijrah, Karangasem, Laweyan dalam acara rangkaian dari Iedul Adha 1445.

Dalam khutbahnya, Ustadz Yoyok yang kebetulan merupakan putra kelahiran Kampung, Karangasem, Laweyan, Solo dan merupakan karib dengan Puspo Wardoyo dari semenjak kecil, sehingga tahu benar akan suasana Kampung Karangasem puluhan tahun silam, Kampung Preman.

Saat itu merupakan pemandangan yang tidaklah asing lagi apalagi memalukan, sama sekali tidak justru merupakan pemandangan keseharian yang cukup wajar. Anak anak mudanya tukang mabuk sedangkan orang-orang tuanya memiliki kebiasaan maksiat, perjudian dan dosa dosa lainnya dilakoni. 

" Melihat mereka para pemudanya pada mabuk, bukannya ditegur malahan dibiarkan berlalu begitu saja. Mirisnya, tanpa beban sedikitpun akan dampak buruk nantinya dikemudian hari, malahan mereka para orang orang tua tersebut dengan santainya menyuruh anaknya untuk membelikan nomor togel perjudian,"tegas Ustadz Yoyok.

Alhamdulillah, lanjut Ustadz Yoyok dalam tausyiahnya, itu peristiwa sudah berlangsung puluhan tahun silam. Seiring berdirinya Masjid Al Hijrah sekitar sepuluh tahun lalu yang dibangun oleh Puspo Wardoyo di bekas lahan tanah peninggalan kedua orangtuanya, Kampung Karangasem berubah secara drastis.

Dan Kemaksiatan mulai terkikis habis secara perlahan-lahan namun pasti, dengan adanya kegiatan keagamaan Islam yang terus saja tanpa hentinya di setiap hari di gaungkan  dari masjid berlantai dua sekaligus berruangan AC itu. Boleh jadi, Masjid Al Hijrah milik dari owners Ayam Bakar Wongsolo Grup, founder Makanku serta pemilik destinasi wisata air Kali Pepe Land, Puspo Wardoyo itulah awal mula cikal bakal Hijrahnya warga masyarakat Kampung Karangasem.

Kini kemaksiatan itupun telah berlalu, hijrah menjadi layaknya kampung pesantren dengan mulai berdirinya beberapa masjid sekaligus kajian kajian Islami. Adalah Puspo Wardoyo yang memiliki peran tidaklah kecil dengan menjadikan hijrahnya warga kampung preman menjadi warga masyarakat Madani. Puluhan tahun Puspo Wardoyo senantiasa menggelar dakwah dari masjidnya Al Hijrah.

Dari tokoh ulama yang cukup terkenal pun di datangkan oleh Puspo Wardoyo, semisal Abu Bakar Ba'asyir, Pondok Pesantren Ngruki, Sukoharjo, untuk mengajak tetangganya berhijrah meninggalkan kemaksiatan menuju kebaikan, kebenaran yang datangnya dari Allah SWT.

    Wisata Keraton Kasunanan Surakarta 

Pastinya lebih baik bekas penjahat daripada bekas ustadz. Artinya, bekas penjahat akan meninggalkan segala bentuk kemaksiatan guna menuju kebaikan dan kebenaran. Sedangkan bekas ustadz justru meninggalkan kebaikan dan kebenaran menuju ke jalan laknatullah, kemaksiatan. Nauzubillah min dzalik. 

Memang, tidak semudah membalikkan telapak tangan bagi seorang Puspo Wardoyo untuk menjadikan Kampung Preman kelahiran nya menjadikan kaum militan Islami. Selain didirikannya Masjid Al Hijrah dengan segala fasilitas untuk kenyamanan jamaah, juga kegiatan Islami diperbanyak dengan pemberian fasilitas menarik, semacam Jum'at Berkah.

       Wisata Puro Mangkunegaran Solo 

Bagaimana tidak berkah? Ratusan jamaah saat melakukan shalat jamaah Jumat saja sudah berpahala, selesai jumatan digelar makan siang gratis dengan menu khas Ayam Bakar Wongsolo Grup. Selesai dari makan siang bersama, sepulangnya masih ada sedekah transportasi uang 50 ribu kepada setiap jamaah, tanpa peduli anak anak pun diberi.

 "Alhamdulillah...kini julukan Kampung Preman Karangasem telah berubah menjadi Kampung pesantren, Madani serta militan Islami. Selain Jumat berkah, Masjid Al Hijrah selalu menggelar acara acara peringatan hari besar Islam dengan fasilitas yang cukup menyenangkan bagi yang hadir," pungkas Puspo Wardoyo tersenyum bangga. #Yani.

Thanks for reading Masjid Al Hijrah Saksi Hijrahnya Kampung Preman Karangasem | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS