Ndalem Sasana Putra Tempat Tinggal Gusti Pangeran

Juni 27, 2024
Kamis, 27 Juni 2024


 Komplek Ndalem Sasana Putra Tempat Tinggal Gusti Pangeran. Putra Ndalem Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.Foto : Yani 

GUGAT news.com SOLO

Ada beberapa akses pintu masuk dari Benteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju ke dalam keraton,  bisa melalui masuk dari Kori Kamandungan, Kori Talang Paten dan Ndalem Sasana Putra Tempat Tinggal Gusti Pangeran atau Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono ( PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sementara ini, lantaran kondisi Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adp) Purboyo belum menikah, ya tinggal di dalam Ndalem Sasana Putra. Akan halnya dengan Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XIII yang kebetulan memiliki 4 putra dan 2 putri, Hanya KGPH Adp Purboyo belum menikah, lainnya tinggal di luar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Untuk yang berstatus seorang janda, berdasarkan paugeran, tata cara adat istiadat keraton, diperkenankan untuk tinggal di dalam Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Di dalam ruangan Ndalem Sasana Putra, setidaknya ada 12 kamar lengkap dengan fasilitas. Ada ruang tamu, penjagaan bahkan musholla ada di sebelah tenggara atau pojokan timur.

"Masalah keberadaan Ndalem Sasana Putra ini, saya dahulunya pernah pula tinggal di sini saat masih muda dan belum menikah. Saat itu, masih bapak kami Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Begitu menikah, saya langsung ke luar keraton dan pindah ke Ndalem Sasana Mulya pas di depan Ndalem Sasana Putra," ujar KGPH Adp Dipo Kusumo.

Saat pemberian kekuncahan, bebungah Iedul Fitri 1444 H kepada ratusan abdi dalem, GUGAT news pun turut diundang masuk ke Ndalem Sasana Putra. Sehingga sedikit banyak bisa menceritakan suasananya di dalam Ndalem Gusti Pangeran Purboyo yang kini tinggal di Ndalem Sasana Putra.

Begitu pintu dibuka, langsung disambut abdi dalem penjaga yang menanyakan tentang maksud dan tujuannya, di samping barat pos penjagaan ada ruang tamu yang cukup luas dan sepertinya memanjang ke barat puluhan kamar. Sisi tenggara ada bangunan terbuat dari bambu sebagai mushalla. "Ada penjaga, ruang tamu, puluhan kamar dan musholla di Ndalem Sasana Putra," ujar KGPH Adp Dipo Kusumo. #Yani.


Thanks for reading Ndalem Sasana Putra Tempat Tinggal Gusti Pangeran | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS