Rumah Mahluk Gaib Di Randu Alas Laweyan

Juni 22, 2024
Sabtu, 22 Juni 2024


 Pohon Randu Alas yang ada di Makam Keramat Laweyan. Foto ; Yani

GUGAT news.com SOLO 

Ada beberapa pohon yang merupakan tempat tinggal yang cukup nyaman bagi mahluk halus atau mahluk Abstral. Diantaranya Pohon Beringin, Bambu, Pisang, Sawo dan Randu. Untuk pohon randu alas serta pisang yang ada di pemakaman Kampung Keramat, Laweyan, ini sudah terbukti sebagai rumah hantu dengan segala peristiwa keangkerannya.

Adalah pohon randu alas yang usianya sepantaran dengan Kerajaan Pajang (1546), kabarnya merupakan tempat tinggal bagi mahluk halus yang sudah puluhan tahun menghuni randu alas dan pohon pisang. " Kalau mereka yang memiliki ilmu spiritual tingkat tinggi atau indigo, bisa melihatnya," terang Rejeki (50) yang dari semenjak lahir tinggal di makam Kuanggan yang berdampingan dengan makam keramat.

Ditambah Rejeki, bagi dirinya dan keluarganya yang tinggal di area pemakaman Kampung Kuanggan dan bersebelahan dengan Pemakaman Kampung Keramat, merupakan hal yang biasa bertemu bertatap muka secara langsung dengan beragam jenis mahluk halus yang tinggal di Randu Alas dan pohon pisang. "Kenapa kudu takut? Hampir tiap malam hingga dinihari biasa berpapasan," ujar Rejeki tersenyum.

Sudah beberapa kali Rejeki harus membantu orang yang tersesat di tengah malam di sekitar pemaksaan keramat Lantara ulah sikap dari mahluk Abstral penghuni Pohon Randu alas makam keramat. " Ada dua kali menolong tukang ojek online yang terseret masuk ke makam keramat. Pernah pula mendampingi sepasang suami isteri yang sangat pemberani," cerita Rejeki panjang lebar.

Masalah ojek online, diceritakan Rejeki, begitu sampai di randu alas sesuai pesanan yang harus diantar berupa makanan, merasa sudah sampai di rumah yang tampak mewah, mengetuklah di tukang ojek online pas di depan pintu. Mendadak begitu pintu dibuka, tampak lah wajah cantik, rambut terurai panjang dan menyeringai dengan mulut berdarah. Tanpa pikir panjang lagi, si tukang ojek tak mampu menstarter motornya.

"Sepertinya ada suara gemericik, saya langsung keluar rumah, dan melihat pemotor ojek berbaju kehijauan itu tampak ketakutan hingga terkencang kencing di celananya. Saya dekati, barulah tenang meski celananya panjang basah air kencing. Akhirnya saya dampingi ke jalan raya yang tidak jauh dari lokasi pohon randu alas," lagi lagi Rejeki tersenyum.

Kali yang ke dua, masih menurut penuturan Rejeki yang juga diiyakan oleh Didik penjual juice di depan Makam Keramat, tukang ojek online berseragam orange itu, merasa sudah di depan rumah sesuai alamat yang dituju, makanan pun di taruh pada gerendel pintu. Lagi lagi si tukang ojek berseragam orange itupun dibuatnya diam di tempat, didepan pintu yang berdiri wanita cantik berbau wangi kembang.

" Selain menjadikan rumahnya di pohon randu alas, sebenarnya juga tidak sedikit mahluk Abstral itu yang ada di sekitar bangunan mewah toilet wisata kampung batik Laweyan yang mangkrak. Tak jarang jarang juga berada di Jembatan Ulung yang menghubungkan Kampung Pajang dengan Kampung Laweyan," tutur Rejeki yang merasa tidak takut sama sekali dengan keberadaan mahluk halus di randu alas.

Sepertinya sah dan wajar wajar saja, jika keberadaan randu alas di Kampung Keramat, Laweyan itu dikenal cukup angker. Bagaimana tidak, di ujung paling barat Kampung Laweyan yang berbatasan dengan Kampung Pajang itu merupakan pertemuan dari 3 lokasi pemakaman kuno. Pemakaman Ketheng, Kuanggan, Keramat dan Sayangan yang kini dirubah menjadi Sekolah SD Sayangan. #Yani.



Thanks for reading Rumah Mahluk Gaib Di Randu Alas Laweyan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS