Terkuak Dugaan Suap Konfercab NU Solo

Juni 12, 2024
Rabu, 12 Juni 2024


 Gus Burhan (coklat) didampingi Kyai Agus Sumarno Ponpes Dzarut Dzikir Joyotakan, Pasar Kliwon, Solo saat jumpa pers. Rabu (12/6). Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Inilah Kronologi Terkuaknya Dugaan Suap Konfercab PCNU Surakarta atas investigasi satgas Tim Penjaga Marwah NU Solo:

1. Rabu 8 Mei 2024 kami mendengar desas-desus dari beberapa sumber terpercaya tentang adanya dugaan risywah suap untuk mengkondisikan Kemenangan calon Rois Syuriah KH Muhtarom dan Ketua Tanfidziyah HM. Mashuri pada Konfercab PCNU Surakarta 11 Mei 2024, Rabu malam tersebut kami langsung menemui ketua SC Konfercab KH. Bagyo namun beliau mengatakan, "ya ditanyakan langsung saja kepada Rois Syuriah dan Ketua MWC NU tersebut apa benar telah menerima risywah suap dan mengkondisikan Konfercab sehingga menutup adanya calon lain,"

2. Kamis siang 9 Mei 2024 kami menemui Ketua Tanfidziyah MWC NU Serengan Ustad Suyoto, menanyakan apakah benar menerima adanya riswah suap yang telah diberikan incumbent untuk nanti mengkondisikan Konfercab. Ustad Suyoto membantah adanya berita tersebut, ya sudah kami percaya saja. (Belakangan terbongkar ternyata Ustad Suyoto menerima pemberian Uang).

3. Jumat pagi 10 Mei 2024 kami menemui Rois Syuriah MWC NU Pasar Kliwon Kyai Zainal Ashom, karni juga menanyakan adanya isu hal tersebut. Beliau membenarkan adanya pertemuan yang dilakukan malam hari bulan Ramadan pada tanggal 6 April 2024 di sebuah kedai kopi, setelah pertemuan diberikan bingkisan tas. Namun kyai Zainal Ashom merasa tidak enak selama perjalanan pulang dan menelpon bendahara MWC NU Pasar Kliwon ustad Agus untuk membuka bingkisan tas tersebut, setelah dibuka berisi sarung makanan dan amplop yang berisi uang 5 juta rupiah. Kyai Zainal Ashom merasa takut bagaimana nanti kalau pulang ditanya oleh KH Hasyim Asy'ari bila membawa pulang bingkisan tersebut maka beliau memutuskan mengembalikan uang tersebut melalui MWC NU Pasar Kliwon dan masih utuh sampai sekarang.

4. Sabtu 11 Mei 2024 kami mengikuti dan melihat secara langsung Konfercab PCNU kota Surakarta, pada tahap pemilihan AHWA dan berlanjut rapat AHWA memang terlihat sekali pengkondisian untuk memenangkan KH. Muhtarom untuk menjadi Rois Syuriah PCNU Surakarta. Kemudian tahap pemilihan Ketua Tanfidziyah juga terasa sekali adanya pengkondisian suara yang semula diprediksi dimenangkan calon H.Arif Ansori 3:2 ternyata berbalik arah dimenangkan H. Mashuri 1:4. Maka ini persis sesuai dengan desas-desus pengkondisian Pemilihan Rois Syuriah KH Muhtarom dan Ketua Tanfidziyah HM Mashuri yang diduga didasari oleh adanya Risywah Suap.

Hal ini diperkuat dengan pengakuan calon lain Kandidat Ketua Tanfidziyah yaitu H. Arif Anshori bahwa dia sebenarnya sudah dijanjikan 3 suara oleh MWC NU Laweyan, MWC NU Serengan dan MWC NU Pasar Kliwon. Namun saat KONFERCAB suara MWC NU Laweyan, MWC NU Serengan berbalik mendukung incumbent HM Mashuri.

5. Ahad 12 Mei 2024 ada tambahan pengakuan dari Rois Suriah MWC NU Jebres KH Choirul Faidzin membenarkan menerima bingkisan tas dan benar ada di dalamnya uang 5 juta pada pertemuan 6 April 2024. Hal ini disampaikan kepada Kyai Zainal Ashom.

6. Senin malam 13 Mei 2024, kami bertabayun langsung kepada ketua Tanfidziyah MWC NU serengan ustad Suyoto dan Rois Syuriah MWC NU serengan KH Suwardi. Kami menanyakan atas temuan kami dan tidak bisa dibantah lagi adanya pertemuan 6 April 2024 dan adanya bingkisan tas yang diduga adalah risywah suap. Beliau berdua mengakui benar adanya kejadian tersebut namun tetap membantah bahwa itu bukan riswah suap namun sedekah pribadi dari HM Mashuri syukuran hasil menjual tanah. Namun di akhir pembicaraan mengakui memang ada pengkondisian dan itu biasa dalam suatu pemilihan.

7. Selasa 14 Mei 2024 semakin banyak tokoh-tokoh kyai baik struktural maupun kultural yang menyatakan keprihatinannya atas beredarnya dugaan risywah suap yang mencederai Konfercab PCNU Surakarta kali ini. Namun beliau-beliau tidak mau muncul secara terang-terangan karena tidak enak hati karena mengenal dekat dengan yang bersangkutan.

8. Rabu 15 Mei 2024 kami sepakat membentuk Satgas Tim Penjaga Marwah NU Solo. Sebagai keprihatinan bila hal adanya risywah suap untuk pemilihan Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PCNU

Surakarta benar adanya ini akan menjadi budaya yang sangat buruk bagi NU kota Surakarta bila kedepannya akan menjadi seperti ini terus. Maka hal ini harus diluruskan.

Wisata Pesanggrahan Langenharjo PB IX Grogol, Sukoharjo 

9. Setelah melalui persiapan, invesitigasi dan pemikiran yang matang tanggal 26 Mei 2024 kami mengirimkan surat untuk Tabayyun Investigasi, surat kami tunjukkan kepada para Mustasyar PCNU Surakarta, Rois Syuriah PCNU, Ketua Tanfidziyah PCNU, seluruh Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah MWC NU seSurakarta, dan Ketua SC OC Panitia Konfercab.

10. Kamis 30 Mei 2024 Satgas Tim Penjaga Marwah NU Solo sowan kepada PWNU Jateng di Semarang dan saat itu langsung bertemu dengan Rois Syuriah PWNU Jateng KH. Ubaiduillah Shodaqoh. Sekaligus kami menyampaikan surat kepada PWNU Jateng. Beliau justru mendukung bila kami membuka kasus ini seterang-terangnya agar menjadi pelajaran semua pihak dan pembelajaran bagi pcnu kabupaten kota lainnya.

11. Sampai hari Senin 3 Juni 2024 kami Tim Penjaga NU Solo menunggu upaya tabayun klarifikasi atau penyelesaian secara internal di NU kota Surakarta agar tidak melebar, namun ternyata surat kami tidak ditanggapi dan dikatakan tidak perlu ada tabayun karena itu bukan institusi resmi. Bahkan tetap bersikukuh bahwa hal tersebut bukan Risywah suap tapi sedekah pribadi dari HM Mashuri kepada Rois Suriah dan ketua Tanfidziyah MWC NU se Solo. Alhamdulillah belakangan ada satu ketua Tanfidzyah MWC NU Laweyan Kyai Rois Jazuli mengembalikan uang Risywah kepada bendahara MWC NU Laweyan.

12. Senin 3 Juni 2024 kami mengirimkan surat pada PBNU pusat untuk meminta Investigasi atas Dugaan Suap Risywah Konfercab PCNU Surakarta.

Wisata Keraton Surakarta Hadiningrat 

13. Karena upaya tabayun kami agar diselesaikan secara internal NU Solo tidak ditanggapi maka kami tetap meneruskan perjuangan kami, kali ini terpaksa secara terang-terangan di muka umum. Sehingga sampai juga tercium kepada media. #(Yani)


Thanks for reading Terkuak Dugaan Suap Konfercab NU Solo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS