Diduga Ada Peninggalan Sejarah Kasultanan Pajang Di Sungai Brojo

Juli 24, 2024
Rabu, 24 Juli 2024


 Jembatan Sidodadi Bratan, Pajang, di bawahnya ditengarai ada peninggalan sejarah Kasultanan Pajang. Foto: Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Belakangan ini, baik di Kampung Batik Laweyan dan Kampung Pajang yang abad 15 silam pernah berdiri Kerajaan Pajang dengan Rajanya Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir itu, kini tengah marak ramai perbincangan adanya dugaan peninggalan bersejarah dari leluhur Kerajaan Pajang.

Cerita Taufik (50) warga Kampung Batik Laweyan, beberapa tahun lalu ada insiden dialami oleh temannya yang tinggal di Kampung Pajang. Saat itu, temannya tengah mencari piaraan unggas bebeknya yang hilang, mendadak ditemukan di aliran Sungai Brojo peninggalan Joko Tingkir. Lebih tepatnya berada di sebelah barat Jembatan Sidodadi sekitar 15-20 meter.

"Begitu bebeknya berhasil ditangkap di aliran arus Sungai Brojo, mendadak kedua kakinya seperti ditarik tarik ke dalam hingga menyentuh sesuatu benda keras layaknya batu. Saat itu pula dengan kedua tangan dan kakinya dipakai untuk menyibakkan pasir. Begitu diraba raba, ada semacam gambaran layaknya batu berundak," terang Taufik.

Ditambahkan Taufik, begitu ditelusuri semakin tangannya membawa gambaran seperti layaknya undak undakan untuk tangga masuk. Bisa jadi, ratusan tahun silam batu berundak tersebut merupakan semacam jalan naik untuk menuju pintu dan ruangan tertentu. Takut akan terjadi sesuatu di dalam arus air Sungai Brojo, sehingga penelusuran pun dihentikan. Hingga sekarang ini.

Waktu itu, masih menurut penuturan Taufik, dari hasil penemuan sesuatu yang diduga merupakan barang bersejarah tinggalan Joko Tingkir itu pernah dilaporkan ke Ir Alfa Bella, Ketua Forum Kampung Batik Laweyan, juga kepada ahli purbakala, namun cukup hanya ditinjau dari atas jembatan Sidodadi saja, tidak ada semacam upaya tindakan lanjut sampai saat ini.

"Tidak menutup kemungkinan, apa yang pernah dialami oleh teman saya di Kali Brojo itu  menjadikan pembelajaran tersendiri. Artinya, dilema bagi masyarakat yang telah tanpa sengaja menemukan barang cagar budaya, serba repot. Dilaporkan tidak ada tindakan serius dari yang berwenang, apalagi dibiarkan begitu saja, nanti kita semua disalahkan. Ya sudah, tidak perlu ditindaklanjuti," pungkas Taufik. # Yani.

Thanks for reading Diduga Ada Peninggalan Sejarah Kasultanan Pajang Di Sungai Brojo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS