Empat Gunungan Pasar Tradisional Jongke Dijarah Ribuan Pengunjung

Juli 26, 2024
Jumat, 26 Juli 2024


 Salah satu Gunungan sayuran dan buah-buahan yang direbut pengunjung di boyongan Pasar Jongke. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO.

Sore itu, Jumat (26/7) sekitar pukul 15.00 WIB, suasananya jalan raya Dr Rajiman yang ada di sekitar area Pasar baru Tradisional Jongke di Kalurahan Pajang, Laweyan, Solo, arus lalu lintas macet total. Bukan tanpa alasan, pasalnya sore itu ada kegiatan boyongan Pasar darurat Jongke yang ada di Jegon itu melakukan boyongan, perpindahan untuk menempati lahan baru di Pasar Tradisional Jongke, Pajang.

Bukan hanya itu saja yang semakin menjadikan macetnya lalu lintas, melainkan dari arah timur iring iringan boyongan Pasar Gembreng Kabangan menuju Pasar Tradisional Jongke kian menambah suasananya macet di depan Pasar Jongke. Apalagi dengan arak arakan adanya 4 gunungan yang nantinya bakal diperebutkan, ribuan pengunjung pun terus saja berdatangan dari berbagai Kampung di Solo.

Dan benar kenyataannya, adanya kirab boyongan ke Pasar Jongke yang turut menyertakan gunungan, sudah mulai disebutkan di halaman pasar. Dua buah gunungan buah buahan dan sayuran yang dibawa dari Pasar Darurat Jegon serta dua gunungan berisikan perkakas peralatan dapur yang seharusnya dikirab mengelilingi pasar Jongke yang baru sekaligus untuk di pamerkan di depan Walikota Surakarta Teguh Prakoso, dijarah pengunjung saat melintas tepat di halaman depan Pasar.

Tidak lebih dari 15 menit, ke empat gunungan berisikan buah buahan, sayuran serta peralatan dapur rumah tangga ludes habis diperebutkan oleh ratusan atau bahkan ribuan pengunjung yang menyemut di Pasar Tradisional Jongke, pasar termegah di Jawa Tengah, setidaknya se Soloraya. Belum sempat diperlihatkan kepada Walikota Solo, sudah ludes habis di serbu pengunjung tepat di halaman depan pasar Jongke.

Menariknya, meski berjubel saling senggolan satu dengan lainnya untuk memperebutkan isi gunungan, namun tidak ada insiden yang merugikan satu dengan lainnya. Bahkan mereka saling berbahagia, bercanda ria tertawa bersama meski berebut isi gunungan. Bahkan begitu isi gunungan habis tidak tersisa, dengan suka rela mereka# membagikan kepada pengunjung yang tidak memperoleh berkah isi gunungan. Akrab bersahabat satu dengan lainnya meski tidak saling mengenal. # Yani.






Thanks for reading Empat Gunungan Pasar Tradisional Jongke Dijarah Ribuan Pengunjung | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS