Gusti Puger : Pusara Makam PB II Ada Di Solo Jasadnya Di Makam Imogiri Jogjakarta

Juli 21, 2024
Minggu, 21 Juli 2024


 Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO.

Dikonfirmasi masalah seputar maraknya omongan yang beredar di sekitar Kampung Batik Laweyan menyoal akan kebenarannya cerita jika pusara makam Sinuhun Paku Buwono (PB) II Keraton Kartasura Hadiningrat yang setelah 4 tahun kepindahannya ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1745-1749) meninggal dan pernah dimakamkan tak jauh dari Makam Ki Ageng Henis Laweyan, cikal bakal berdirinya Dinasti Mataram Islam, GPH Puger membenarkannya.

"Memang benar ada pusara makam Sinuhun PB II yang meninggal di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat setelah 4 tahun membangun Keraton Kasunanan dan pindah dari Kartasura Hadiningrat dan di makamkan di sebelah timur atau kanan dari Makam Ki Ageng Henis Laweyan, cikal bakal berdirinya Dinasti Mataram Islam Kotagede, Plered dan Kerto yang semuanya di Bantul hingga Kartasura dan Kasunanan Surakarta Hadiningrat," terang GPH Puger.

Ditambahkan Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII dan sekaligus adik kandung Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sekarang ini bertahta, yang ada di Pasareyan Ndalem Ki Ageng Henis, Laweyan itu tinggal pusara saja, sedangkan jasadnya dipindahkan untuk dimakamkan di Pajimatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta bersama raja raja dari Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Saat itu, masih menurut penuturan Gusti Puger, disebabkan suasananya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat belum kondusif, masih adanya konflik sesama saudara sehingga dikuburkan di Pasareyan Ndalem Ki Ageng Henis. Begitu suasananya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai berangsur angsur rukun, jauh dari konflik, sekitar awal abad 18 an, jasad Sinuhun PB II dipindahkan ke Pajimatan Imogiri, Bantul.

"Waktu masih kecil, saya sering diajak ibunda ke Makam Pasareyan Ndalem Ki Ageng Henis ini, dan pernah diceritakan oleh Eyang Penewu, juru kunci makam Ki Ageng Henis yang masih merupakan trah kerabat Ndalem dari Sinuhun PB III, bilamana beliau Eyang Sinuhun PB II masih biasa lenggahan, duduk di depan pintu masuk ke 3 menuju Pasareyan Ndalem Ki Ageng. Sebagai orang Jawa, dengan cara duduk tangan menyembah di depan pintu ke 3 mengucapkan salam ziarah kubur baru berjalan masuk Pasareyan Ndalem Ki Ageng Henis juga bekas pusara makam PB II," terang GPH Puger.

Biar nantinya peziarah tidak salah, tepat di depan pusara makam Sinuhun PB II yang bertuliskan dengan prasasti huruf Jawa "Ingkang Sinuhun Paku Buwono II" nantinya bisa diberikan tulisan dengan huruf  abjad pada umumnya juga di depan pusara bekas makan Sinuhun PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, sudah bukan Keraton Kartasura Hadiningrat. # Yani.


Thanks for reading Gusti Puger : Pusara Makam PB II Ada Di Solo Jasadnya Di Makam Imogiri Jogjakarta | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS