Keliling Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat Naik Andong

Juli 29, 2024
Senin, 29 Juli 2024


 Hanya dengan biaya 100 ribu bisa keliling menikmati indahnya kawasan cagar budaya Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat dengan naik kereta kuda atau andong. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO.

Cukup murah sekali, bagaimana tidak ? Hanyalah cukup mengeluarkan kocek Rp 100. ribu, bisa berwisata keliling Tembok Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang masih ada di dalam Benteng Baluwarti dan luasnya ribuan meter. 

Bukan hanya itu saja, uang 100 ribu bisa dipakai 5-6 orang yang bisa naik kereta kuda alias andong wisata yang disediakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Buka dari mulai jam 06.00 pagi hingga 18.00 Maghrib. Intinya penumpang andong dibuat nya puas.

"Start dimulai dari halaman Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau bisa juga dari Museum Keraton. Dari Kori Kamandungan, jalan ke timur menuju Ndalem Kapugeran, Ndalem Mloyokusuman, Suryoningratan, Notonegoran, Tamtaman, Cokro negaran, mentok Kalurahan Baluwarti," terang Nino, kusir andong.

Ke kanan, lanjut Nino, dahulunya bisa masuk mengelilingi Alun alun Kidul atau Selatan untuk memberikan makanan sayur kangkung ke Kebo Bule yang kini untuk sementara waktu di tutup karena ada revitalisasi. Sebagai gantinya, mengelilingi Alun alun Lor atau Utara Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton dan pasar oleh oleh cinderamata.

Keluar dari Alun alun Kidul, belok ke kiri mengelilingi Cempuri Keraton lewat Baluwarti barat. Perjalanan andong melewati Ndalem Kayonan, Kota Waringin, Kusumobratan, dilanjutkan Purwodiningratan, Suryohamijayan yang kabarnya kini dimilki Titi Suharto keluarga Cendana, lanjut Ndalem Sasana Mulya.

Sampailah di depan Kori Talang Paten juga kandang kereta kuda, masjid Paromosono PB III, keluar gapura gapit, masuklah halaman Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tidak lebih menghabiskan waktu hanya 30 menit. Untuk lebih sempurna nya lagi, wisata dilanjutkan dengan masuk Museum Keraton, untuk melihat langsung peninggalan sejarah Dinasti Mataram Islam Keraton  Surakarta Hadiningrat. #Yani. 


Thanks for reading Keliling Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat Naik Andong | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS