LDA Gelar Pengetan Hadeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat ke 289

Juli 23, 2024
Selasa, 23 Juli 2024


 Meriahnya suasana Sasana Handrawino di malam Pengetan Hadeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat ke 289. Pindahnya Keraton Kartasura ke Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat (1745). Foto ; Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Begitu selesai berjamaah di Masjid Paromosono PB III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, satu persatu yang dimulai dari Sentana Ndalem, kerabat Ndalem serta abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berdatangan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah, satu persatu mulai memasuki Kori Kamandungan yang selanjutnya langsung ke Sasana Hondrowino untuk mengikuti acara Wilujengan Nagari Adeging Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat yang ke 289, Selasa malem (23/7).

Tidak kurang dari 800 mereka para Sentana Ndalem, Kerabat Ndalem serta Abdi Ndalem memenuhi ruangan Sasana Handrawino untuk melakukan Wilujengan Adeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat (Peringatan berdirinya negara Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat) mulai dengan bacaan shalawat Nabi, dzikir tahlil, tasbih dan tahmid serta takbir yang diakhiri dengan bacaan Surat Al Fatihah oleh ulama dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat, Raden Mas Irawan.

Sebelumnya, sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah terlebih dahulu melakukan seserahan, menyerahkan sekaligus memerintahkan dawuh kepada ulama keraton, RM Irawan guna melakukan ritual sakral dengan bacaan tahlil Wilujengan Nagari Adeging Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Suasananya malam itu di Sasana Handrawino tampak Khidmat, khusyuk dengan berbarengan melafalkan kalimat tahlil yang langsung dipimpin ulama muda Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat RM Irawan. Sementara itu suasana di halaman keraton yang diterangi dengan berbagai lampu di sekitar ratusan Pohon Sawo Manila yang usianya sudah ratusan tahun itu, semakin menambah sakral. Sehingga serasa suasana hati terbawa ke suasananya tempo dulu.

Tak lama berselang, begitu bacaan tahlil selesai dilantunkan, ratusan tamu yang memenuhi ruangan Sasana Handrawino itu pun masih dibuatnya serasa nyaman, tenang, damai sambil menikmati lezatnya suguhan Jenang Syuran atau bubur syuro sekaligus menikmati geguritan atau tembang berbahasa Jawa yang menggambarkan, mensejarahkan Hadeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat hingga paripurna Pengetan Hadeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat yang ke 289. 17 Syuro JE 1958 atau bertepatan 24 juli 2024. #Yani.


Thanks for reading LDA Gelar Pengetan Hadeging Nagari Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat ke 289 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS