Destinasi Wisata Air Bandar Kabanaran Dinantikan Warga Laweyan dan Banaran

Juli 22, 2024
Senin, 22 Juli 2024


 Situs Bandar Kabanaran membelah Desa Banaran, Sukoharjo dan Kampung Laweyan Solo. Foto : Yani

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Subur (50) saat di temui di sekitar bekas Waduk Kabanaran yang kini menjadi food court, kulineran, mengaku senang sekali jika Mas Gibran Rakabuming Raka yang akan menjadi Wakil Presiden dan Pak Jokowi yang masih menjabat Presiden, berkenan mewujudkan Situs Bandar Kabanaran kembali menjadi layaknya bandar atau pelabuhan seperti tempo dulu, dijaman keemasan Kerajaan Pajang Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir abad 15 silam.

Setidaknya, lanjut Subur yang juga memiliki usaha wedangan di Bekas Waduk Kabanaran, Situs Bandar Kabanaran bisa diubah menjadi sarana destinasi wisata air yang nantinya bisa melibatkan Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo. Khususnya Kampung Batik Laweyan serta Kalurahan Banaran bisa masalah UMKM nya. Bukan hanya masalah wisata batik saja, namun juga ada wisata air.

'"Pastinya akan lebih cepat kalau semuanya itu dilakukan oleh Mas Gibran dan Pak Jokowi, karena banyak melibatkan berbagai sektor, pariwisata, agraria, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), baik kota Solo, Kabupaten Sukoharjo serta Propinsi Jawa Tengah. Insyaallah kalau Pak Jokowi dan Mas Gibran cukup mudah menyelesaikan masalah itu," urai Subur yang diiyakan oleh ibu ibu yang tinggal di bantaran Sungai Jenes, Sungainya Bandar Kabanaran.

Sepertinya apa yang disampaikan uneg-uneg Subur tersebut bukan tanpa alasan dan sepertinya juga patut diapresiasi, diperhitungkan sekaligus diperhatikan. Bahkan sebelum Subur dan emak emak bantaran Sungai Jenes yang ada di sekitar Situs Bandar Kabanaran mengeluhkan hal itu, lebih dahulu Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, sudah mengatakan itu semua kepada Presiden Jokowi dan Mas Gibran Rakabuming Raka.

" Nggih pak, iya pak, kami sangat senang sekaligus bangga sekali dengan apa yang diusahakan GPH Puger serta Pak Subur yang berkenan memperjuangkan kembalinya heritage bersejarah peninggalan leluhur. Pastinya, kami sangat bersyukur sekali jika Bandar Kabanaran benar menjadi destinasi wisata air. Siapa tahu menjadikan berkah rejeki tersendiri bagi kami wong cilik yang tinggal di bantaran sungai," ujar Asih (60) yang kepingin bisa jualan di destinasi wisata air Situs Bandar Kabanaran. #Yani.

Thanks for reading Destinasi Wisata Air Bandar Kabanaran Dinantikan Warga Laweyan dan Banaran | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS