Ndalem Kapugeran PB XII Diperbaiki

Juli 01, 2024
Senin, 01 Juli 2024


 Ndalem Kapugeran PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kini dimiliki GPH Puger. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Kedengarannya sepertinya tidak seperti biasanya. Artinya, Ndalem Gusti Pangeran atau rumah kediaman bagi seorang putra raja, banyak dikenal masyarakat luas merupakan peninggalan dari Sinuhun Paku Buwono (PB) X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang diberikan kepada putra putranya.

Hanya saja Ndalem Kapugeran yang ada di dalam Benteng Baluwarti serta ada di Utara Museum Keraton ini, dari Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat diserahkan kepada beliau salah satu Putra Ndalem, yaitu Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger. Dahulu sempat mangkrak kurang terawat, kini tampak mulai dibenahi.

" Saat itu memang belum sempat saya urus Ndalem Kapugeran ini, karena masih banyak urusan dan pekerjaan. Sekarang ya setelah longgar dari urusan dan acara seminar di berbagai tempat, mulai Ndalem Kapugeran akan saya benahi. Mungkin sebagian lahan bisa dipakai untuk kegiatan budaya," terang Gusti Puger, beberapa hari lalu.

Dari pemantauan GUGAT news, sepertinya memang yang disampaikan beliau Gusti Puger benar adanya. Maksudnya, Ndalem Kapugeran PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mulai diperbaiki. Setidaknya tampak bekas bongkaran batu bata menggunung di halaman Ndalem Kapugeran.

Bangunan rumah induk nya pun tampak seperti rumah kuno tempo dulu. Hanya saja, sepertinya cukup disayangkan, suasana kondisi warna bangunan Loji, rumah mewah tempo dulu tidak menggambarkan warna asli khas keraton. Biru, Putih dan kuning emas. Sepertinya warna krem kekuningan Kuningan mendominasi warna bangunan Ndalem Kapugeran PB XII.

Sayangnya, saat GUGAT news menuliskan serta berkunjung ke Ndalem Kapugeran tidak bertemu dengan beliau Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger yang biasa istirahat di warung makan yang ada di halaman Ndalem Kapugeran, sehingga tidak bisa menanyakan perihal warna krem Ndalem Kapugeran, termasuk lantai nya terkesan keramik baru, bukan motiv bunga atau tegel unik tempo dulu, seperti yang ada di keraton. # Yani.

Thanks for reading Ndalem Kapugeran PB XII Diperbaiki | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS