Ndalem KGPAH Mangkoebumi PB X Tampak Angker

Juli 02, 2024
Selasa, 02 Juli 2024


 Gapura pintu masuk Ndalem KGPAH Mangkoebumi PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tertutup rapat sehingga tampak angker. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Selasa siang (2/7) sekitar pukul 12.00 WIB, GUGAT news sebelum melihat bangunan kuno yang pada gapura pintu masuknya terpampang jelas tulisan KGPAH Mangkoebumi dan tertutup rapat dengan rantai digembok serta barikade kawat berduri baik pintu dan pagarnya sebagai pengaman, GUGAT banyak bertanya ke wedangan yang ada di depan pintu Keraton Kulon.

Kepada Andre (40) sebagai pemilik wedangan yang ada di depan Keraton Kulon, Ndalem Madukusumam, kebetulan Ndalem KGPAH Mangkoebumi berada di depan Keraton Kulon juga Ndalem Madukusumam PB XII, GUGAT news banyak bertanya perihal keberadaan Ndalem KGPAH Mangkoebumi baik kepada Andre juga bapak bapak yang lagi ngopi serta ngeteh di Wedangan yang dijaga Andre bersama istrinya itu.

Setelah berbincang banyak seputar Ndalem KGPAH Mangkoebumi, GUGAT news memberanikan diri untuk naik tempok pagar berduri secara hati hati untuk mengintip suasana Ndalem KGPAH Mangkoebumi yang ternyata ada beberapa bangunan rumah namun tertutup rumput ilalang setinggi tidak kurang dari 1 meter. Sehingga menambah lagi kesan mangkrak dan angker.

Bangunan rumah yang ada di sebelah Utara, sepertinya masih tampak bagus, utuh bangunan temboknya meski usianya sudah ratusan tahun, sayangnya tertutup rumput ilalang. Juga bangunan di sebelah barat, tampak mulai rusak temboknya serta pada bagian selatan, sehingga menjadikan tampak tanah lapang yang berdebu, kering dan kotor. 

"Jangankan malam hari, siang hari pun bagi warga Jeron Tembok Benteng Baluwarti, serasa enggan untuk mengintip barang sejenak suasananya Ndalem KGPAH Mangkoebumi. Apalagi pada malam hari, tidak akan pernah ada yang berkenan. Sumonggo, kalau mau dipakai uji nyali. Yang jelas menggambarkan suasananya angker jika malam hari mulai datang," jelas Andre yang turut diiyakan bapak bapak di Wedangan.

Hanya saja, lanjut Andre, dirinya sendiri belum pernah memergoki adanya wujud mahluk abstral yang keluar dari Ndalem KGPAH Mangkoebumi atau di sekitarnya meski pada malam hari sepulang dari bekerja. Kebetulan Andre ini rumahnya tidak jauh dari lokasi Ndalem KGPAH Mangkoebumi.

 "Saya pribadi belum pernah melihat wujud mahluk halus baik yang ada di halaman Ndalem KGPAH Mangkoebumi maupun yang ada di sekitarnya. Semisal di depan pintu masuk Keraton Kulon, Ndalem Madukusumam atau di sepanjang jalanan Mangkuyudan. Entahlah kalau orang lain, memang kabarnya Ndalem KGPAH Mangkoebumi ini angker," pungkas Andre. #Yani.

Thanks for reading Ndalem KGPAH Mangkoebumi PB X Tampak Angker | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS