Ndalem Sasana Mulya Segera Dipakai Pernikahan Cucu PB XII

Juli 22, 2024
Senin, 22 Juli 2024


 Ndalem Sasana Mulya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tengah direvitalisasi, diperbaiki dengan dana swadaya pribadi keluarga besar Lembaga Dewan Adat (LDA)Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Beberapa hari lalu, kepada GUGAT news yang menjumpai di ruang kerjanya di Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, menantu Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Surakarta Hadiningrat yang juga suami dari Gusti Kanjeng Ratu  (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung ini, Kanjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, menegasikan jika biaya perbaikan Ndalem Sasana Mulya bukan dari pemerintah melainkan dari pribadi keluarga.

"Kami patungan untuk mendanai perbaikan Ndalem Sasana Mulya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, utamanya Gusti Mung sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) yang gerakannya senantiasa peduli dengan keberadaan keraton, sehingga Gusti Mung mempelopori untuk patungan Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII. Alhamdulillah...pada berkenan dan hampir selesai," terang KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH.

Lebih dari setengah tahun, saat itu kondisi Ndalem Sasana Mulya memprihatinkan dan mangkrak sampai di beri police line, garis pengaman dari kepolisian setelah akhir Desember 2023, sekitar dua hari dari hari Natal, kota Solo dilanda hujan lebat dengan disertai tiupan angin kencang. Dampaknya, beberapa bangunan, pohon di jalanan tumbang tanpa terkecuali Ndalem Sasana Mulya Keraton Kasunanan.

Ambles pada cungkup Joglo nya yang hampir roboh ke lantai, untungnya masih ada penyangga tiang Saka Guru kayu kayu jati berukuran besar sehingga mampu mendongkrak bangunan Joglo yang usianya sudah ratusan tahun silam di bangun jaman Sinuhun PB IV awal tahun 1800 an. Sepertinya, sebelum insiden itu terjadi, sebenarnya pada sisi barat juga mulai tampak di ganjal dengan besi.

Dalam kesempatan yang lain, saat GUGAT news bertemu dengan Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger di Pasareyan Ndalem Ki Ageng Henis, Laweyan, beliau bercerita bilamana biaya perbaikan Ndalem Sasana Mulya itu swadaya pribadi keluarga, utamanya Gusti Mung dengan LDA nya yang paling peduli terhadap kondisi keraton. Sehingga Gusti Mung lah yang menjadi pionir dalam perbaikan Ndalem Sasana Mulya.

"Insyaallah...nanti bulan September, Ndalem Sasana Mulya selesai dari perbaikan yang selanjutnya bisa dipakai untuk hajat pernikahan cucunya Sinuhun PB XII, salah satu anak dari Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Madu Kusuma, adik kandung saya juga adik kandung Sinuhun PB XIII. Memang dahulunya Ndalem Sasana Mulya PB IV ini biasa diperuntukkan hajat pertemuan besar, misalnya pernikahan. Makanya September ini di pakai gawe oleh Gusti Madu," tutup GPH Puger sambil menambahkan silakan saja kalau GUGAT news mau hadir. #Yani.

Thanks for reading Ndalem Sasana Mulya Segera Dipakai Pernikahan Cucu PB XII | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS