Tidak Hanya Minta Berfoto Saja, Emak Emak Laweyan Dukung Mas Bhre

Juli 15, 2024
Senin, 15 Juli 2024


 Emak emak Laweyan Siap dukung KGPAA Mangkunegara X maju dan menang Pilkada Walikota Surakarta periode tahun 2024-2029. Foto: Yani

GUGAT news.com SOLO

"Ora mung jaluk foto bareng wae karo Gusti Mangkunegara X, emak emak warga Kampung Batik Laweyan siap dukung maju lan menang dadi walikota Solo ( tidak hanya minta foto bersama  dengan Gusti Mangkunegara X saja, ibu ibu warga Kampung Batik Laweyan siap mendukung maju dan menang jadi walikota Solo)"

Demikian disuarakan ratusan emak emak Kampung Batik Laweyan baik yang ada di saat kulineran dan Bazar Randu Alas, Rumah Batik Mahkota Laweyan sampai yang menunggu di Masjid Laweyan, masjid tertua di Kota Solo. Peninggalan Ki Ageng Henis, ulama besar di jaman Kerajaan Pajang Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir (1546). Mereka serasa senang dan bangga dengan kehadiran KGPAA Mangkunegara X ke Laweyan.

Bukan hanya itu saja, mereka antusias dan tampak wajah kegembiraannya dengan mengikuti Gusti Mangkunegara X berjalan menyusuri gang gang Kampung Laweyan. Dari lokasi Kuliner dan Bazar Randu Alas, dilanjutkan jalan sehat menuju Rumah Batik Mahkota Laweyan milik budayawan serta pakar heritage, Ir Alfa Bella.

Selesai mengagumi karya batik tulis Al Qur'an 30 juz di rumah kuno milik peninggalan leluhur keluarga Ir Alfa Bella yang usianya sudah ratusan tahun, kembali Gusti Mangkunegara X bersama tim serta rombongan emak emak dari Kampung Batik Laweyan melanjutkan jalan sehatnya menuju Masjid Laweyan. Tidak kurang dari 1 km jalan sehat dimulai dari Laweyan paling barat, Kuliner dan Bazar Randu Alas, Rumah Batik Mahkota Laweyan sampai Masjid tertua di Solo, Masjid Laweyan.

Menariknya, dari ratusan emak emak yang turut di belakangnya rombongan KGPAA Mangkunegara X jalan kaki, bukan hanya optimis dan semangat saja, tanpa sedikitpun membawa bekal makanan kecil atau minuman air mineral, mereka tetap saja tampak fresh suka.cita, gembira, senang dan bangga bisa berfoto, beramah tamah seraya harus tertawa dan saling berjabat tangan. 

"Matur nuwun, terimakasih kepada ibu ibu kampung batik Laweyan, juga bapak bapak dan remaja putra putri bahkan mereka yang tengah KKN dari Undip Semarang sudah banyak membantu saya. Secara pribadi saya bangga sekali dengan semuanya yang ada di Kampung Batik Laweyan yang tulus ikhlas telah membantu dari Randu Alas, Rumah Batik Mahkota, dan terakhir Masjid Laweyan," pamit KGPAA Mangkunegara X sambil berjabat tangan di halaman Masjid Laweyan #Yani.

Thanks for reading Tidak Hanya Minta Berfoto Saja, Emak Emak Laweyan Dukung Mas Bhre | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS