Bekas Makam Tua Itu Kini Jadi Destinasi Wisata Keluarga

Agustus 24, 2024
Sabtu, 24 Agustus 2024


 Gus Im tokoh spiritual di Kampung Sondakan, Laweyan, Solo tengah menyumbangkan suara emasnya di bawah beringin Jongke yang usianya sudah ratusan tahun itu. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Menarik, tokoh spiritual yang juga dikenal sebagai paranormal kondang di Solo, sekaligus Santri Jalanan, Gus Im saat menyumbangkan suara emasnya di Wedangan, Kulineran keluarga di Pohon Beringin Jongke, Sondakan RT 02 RW 06 ada peristiwa unik, pastinya menarik. Sewaktu GUGAT news berdiri hendak  mengambil foto Gus Im, mendadak gambar jadi kurang jelas, bloor. Padahal banyak lampu terpajang di akar sulur beringin tua itu. Sabtu (24/8) malam.

Bisa jadi, ada semacam getaran mistis diantara Pohon beringin peninggalan sejarah Kerajaan Kasultanan Pajang Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir abad 15 silam ini, dengan kondisi fisik Gus Im yang bisa dipastikan lagi memiliki ilmu Kanuragan, kebatinan atau sejenisnya cukup tinggi. Sehingga semacam ada getaran sinergi antara Gus Im dengan pohon beringin tua dan bertuah. Sepertinya tidak diperkenankan di foto atau video.

"Unik, aneh, saya sendiri juga tidak tahu secara pasti kenapa saya tidak bisa diambil foto atau video secara jelas, malahan tampak berkabut. Menariknya, orang lain saat bernyanyi dan diambil foto atau vidio juga tak bermasalah. Mungkin takut penjaga gaib Ringin Jongke melihat rambut panjang dan gimbalku, jadi berkabut tak bisa jelas fotonya," ujar Gus Im, tersenyum.

Yang pasti perlu apresiasi tersendiri, salut pastinya acungi jempol dengan apa yang telah dilakukan pemerintah Kota Solo, memindahkan ratusan jasad yang usianya sudah ratusan tahun di pemakaman tua Beringin Jongke,  Sondakan menyulapnya saat ini menjadikan destinasi wisata tersendiri. Keluarga dan kulineran. Dari wedangan hingga menu makanan kekinian dan murah. Murah berarti bukan murahan.

Sah dan wajar wajar saja, bilamana sekarang ini setiap harinya bekas pemakaman tua Ringin Jongke yang ada di Sondakan itu selalu ramai pada malam harinya. Puluhan pengunjung emak emak, bapak sekaligus yang muda dari sekitar Kampung Sondakan, yaitu Laweyan, Pajang, Bumi dan Purwosari bahkan kampung lainnya di Solo beramai ramai untuk menyumbangkan suara merdunya di Wedangan Beringin Jongke.

"Yang jelas, di bekas pemakaman tua Ringin Jongke, Sondakan ini sama sekali sudah tidaklah wingit lagi. Aman dan nyaman untuk acara keluarga. Sebenarnya dari dulu juga tidak angker, hanya saja mereka kebanyakan terobsesi dengan keberadaan Pohon Beringin yang usianya sudah ratusan tahun itu. Kebetulan saja Beringin itu identik dengan suasana angker. Sekali lagi, Beringin Jongke tidak angker dan nyaman untuk wisata keluarga." pungkas Gus Im. #Yan 1.

Thanks for reading Bekas Makam Tua Itu Kini Jadi Destinasi Wisata Keluarga | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS