Alun alun Kidul Tinggal 10% Lagi Rampung Revitalisasi

September 21, 2024
Sabtu, 21 September 2024


 Alun alun Kidul (selatan) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kini tampak bersih, rapi dan indah, jauh dari kesan kumuh, kotor seperti sebelum direvitalis. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO 

Kalau melihat suasananya dengan sepinya tenaga kerja bangunan, ditambah lagi hamparan rumput hijau yang tumbuh subur, puluhan shelter untuk pedagang UMKM nantinya serta selesai sudah bangunan kandang Kebo Bule yang ada di sebelah selatan Alun alun, bahkan paving blok tampak sudah terpasang rapi sebagai sarana nanti bagi pejalan kaki, sepertinya revitalisasi Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat hampir selesai.

Setidaknya, paling tinggal 10-15% bangunan yang harus dirampungkan. Mungkin saja, semacam penataan stud listrik yang sepenuhnya belum terselesaikan meski tiang tiang lampu sudah banyak terpasang di berbagai titik. Bisa jadi, mungkin hanya tinggal beberapa pemasangan semacam kursi taman di area paving blok atau di sekitar shelter.

Pastinya, hamparan rumput hijau baik yang ada di sebelah barat ataupun timur pohon beringin kurung, tampak sudah terpasang rapi. Puluhan shelter untuk pedagang kaki lima juga sudah selesai berderet di sebelah barat dari arah Utara ke Selatan. Tanpa kecuali bangunan kandang untuk beberapa ekor Kebo Bule. 

Mungkin nanti masalah bangunan shelter ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Artinya, shelter untuk pedagang kaki lima yang ada di sebelah barat itu tidak lebih dari 100 barak shelter, sedangkan saat belum adanya revitalisasi Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, setidaknya ada 200 Pedagang. Bagaimana nantinya bagi pedagang kaki lima yang tidak mendapatkan jatah berjualan?

Sayangnya, pagi itu Sabtu (21/9) sekitar pukul 09.00 WIB suasananya di sekitar Alun alun Kidul tampak sepi dari kegiatan mereka para pekerja bangunan, sehingga GUGAT news tidak bisa bertemu langsung dengan yang berkompeten memberikan keterangan. Mungkin disebabkan hari Sabtu, biasanya libur sehingga tidak ada untuk kegiatan bangunan. #Yan 1.

Thanks for reading Alun alun Kidul Tinggal 10% Lagi Rampung Revitalisasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS