Berharap Bisa Bertemu Nyai Roro Kidul Koleksi Lukisannya

September 20, 2024
Jumat, 20 September 2024


 BRM Dr Kusumo Putro SH MH, advokat, politisi, pegiat sosial dan pegiat budaya yang juga kolektor lukisan Nyai Roro kidul. Foto  ; Yani

GUGAT news.com SOLO

Kepada GUGAT news yang menjumpai di ruang kerjanya di Taman Sriwedari, Laweyan, Solo, advokat yang juga dikenal sebagai ningrat yang merakyat sekaligus bangsawan yang dermawan lantaran kedekatannya dengan Wong Cilik, masyarakat bawah khususnya di Kota Solo ini dikenal pula sebagai politisi, pegiat sosial dan budaya.

Sebagai buktinya pegiat budaya, di ruang kerjanya yang ada di area Taman Sriwedari itu, banyak terpajang belasan lukisan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Kidul dengan berbagai pose. Ada yang di laut, duduk di kursi singgasana, tengah berada di depan cermin, duduk di kursi sofa dan masih banyak pose lainnya.

"Untuk di kantor ada sekitar 15-17 lukisan. Sedangkan di rumah ada sekitar 35 an lukisan dengan ukuran yang sama. Yaitu 160 cm x 200 cm. Untuk sementara target saya bisa terkumpul 50 lukisan dan nantinya untuk saya gelar pameran, namun tidak untuk dijual, utamanya koleksi yang berkaitan dengan leluhur. Masih terkumpul 42 an tinggal 8 lagi bisa untuk dipamerkan," terang Kanjeng Kusumo, sapaan akrab BRM Dr Kusumo Putro SH MH.

Ditambahkan Kanjeng Kusumo, sebelum melukis, semua pelukis saya arahkan sesuai dengan keinginan hati dan benak saya tentang pose, suasananya dan latar belakang bahkan peralatannya melukis semua saya siapkan. Pelukis tinggal datang, melukis sesuai arahan saya. Termasuk nantinya yang kurang 8 lukisannya. 

Mungkin, masih menurut penuturan Kangjeng Kusumo, bagi orang-orang Jawa akan merasa tabu dan bahkan pamali untuk memajang lukisan atau foto Juga gambar Nyai Roro Kidul di rumahnya, namun tidaklah demikian bagi yang masih ada keturunan leluhurnya Dinasti Mataram Islam, merupakan hal yang biasa. Dan bisa jadi, untuk saat ini di Soloraya atau bahkan Jawa Tengah mungkin nasional, yang banyak mengkoleksi lukisan GKR Kidul hanya dirinya.

"Saya kepingin sekali dan berharap bisa ketemu dengan sosok beliau GKR Kidul secara langsung atau hanya lewat mimpi saja. Dengan pertemuan itu nantinya, saya harapkan bisa memberikan gambaran sesungguhnya tentang sosok GKR Kidul yang sebenarnya. Selanjutnya, tinggal saya arahkan kepada mereka para pelukis untuk melukiskan sesuai dengan hasil pertemuan saya dengan GKR Kidul yang hingga 10 tahun ini belum bertemu,':terang Kanjeng Kusumo.

Sekitar 10 tahun sudah BRM Dr Kusumo Putro SH MH mengumpulkan lukisan Nyai Roro Kidul dengan beragam pose. Selama itu pula, dirinya mengaku jika sepenuhnya belum pernah bisa bertemu dengan sosok kecantikannya GKR Kidul yang kabarnya cantik sekali. Kalau hanya sebatas sekelebatan melintas secara gaib layaknya seorang wanita cantik di sekitar ruang kerjanya, semua merupakan hal yang biasa. 

"Sebagai pegiat budaya, sebenarnya saya tidak hanya mengkoleksi puluhan lukisan GKR Kidul saja yang berkaitan dengan leluhur Dinasti Mataram Islam yang kini tinggal Jogjakarta dan Surakarta. Saya juga ada ratusan koleksi pusaka berupa keris dari beragam tangguh, yasan atau tahun dibuat serta dapur nya," pungkas BRM Dr Kusumo Putro SH MH, yang suatu saat mau ditunjukkan koleksi kerisnya. #Yan 1.

Thanks for reading Berharap Bisa Bertemu Nyai Roro Kidul Koleksi Lukisannya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS