Gusti Puger Lakukan Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah

September 28, 2024
Sabtu, 28 September 2024

 

Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, turut bagikan Jumat Berkah Dengan Sayuran Mentah. Foto: Yan 1 

GUGAT news.com SOLO 

Boleh jadi, apa yang dilakukan oleh warga RW 06 Kalurahan Mojo, Pasar Kliwon ini satu satunya yang ada di Kota Solo khususnya dan sudah berjalan hingga 4 tahun dari mulai Pandemi Covid 19. Sementara atau belakangan ini marak giat Jumat berkah di berbagai daerah dengan membagikan makanan dan minuman langsung bisa dimakan ataupun diminum. Namun tidaklah demikian dengan giat Jumat berkah di Kalurahan Mojo RW 06 ini. Jum'at Berkah Dengan Bagikan Sayur Mentah.

Bukan tanpa alasan, giat Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah yang sudah sebanyak lebih dari 200 kali Jumat tersebut ternyata disukai oleh mereka para warganya. Pasalnya, dari beragam sayuran mentah yang dibagikan gratis itu ada beragam jenisnya dan bisa dimasak sendiri sesuai selera. Memang ada pula yang langsung sudah dikemas untuk langsung dimasak. Kemasan plastik berupa bahan masakan Sop dan sayur asem.

"Kami mulai dari semenjak 4 tahun lalu saat berlangsungnya suasana Pandemi Covid 19. Dan ternyata praktis sesuai dengan keinginan warga Mojo yang terus saja meningkat permintaan sekaligus persediaan. Dari 100 sajian Jumat Berkah Sayuran Mentah kini sudah 180 an permintaan. Belum lagi yang dari donatur masakan atau makanan sudah matang. Alhamdulillah, laris manis tanjung kimpul, sajian gratis pahala terkumpul," kelakar GPH Puger kepada GUGAT news, Jum'at (27/9) pagi.

Ditambahkan oleh Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, pastinya dengan giat Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah menjadikan sedikit hemat ekonomi. Murah bukan berarti murahan yang pasti sayuran itu menyehatkan. Selain racikan sayuran Asem dan SOP, disediakan pula puluhan jenis sayuran dan buah-buahan. Ada tomat, singkong, ketela, bunga kenikir, beragam sawi dan masih banyak lagi lainnya.

Murah, masih menurut penuturan Gusti Puger, bisa jadi panitia membelinya langsung dari petani, bukan dipasaran. Dibeli langsung ke daerah pertanian  di Karangpandan, Tawangmangu, Karanganyar sehingga harga jadi lebih murah. Bukan hanya itu saja, murah disebabkan pula jumlah pembelian pun cukup banyak. Setidaknya sampai ada insiden patah krug as mobil pickup pengangkut sayuran untuk giat Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah.

"Warga masyarakat Mojo yang tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, memang  dahulunya merupakan daerah yang sering mendapatkan bantuan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, pasalnya kondisi daerahnya ada di pinggiran Sungai Bengawan Solo yang selalu mendapatkan perhatian tersendiri dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Sehingga sampai kini, secara psikologis semacam ada ikatan silaturahmi," pungkas GPH Puger sambil satu persatu membagikan bingkisan Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah. #Yani.

Thanks for reading Gusti Puger Lakukan Jumat Berkah Bagikan Sayuran Mentah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS