Gusti Puger : Sebaiknya Jangan Dititipkan Melainkan Mohon Diberikan Perhatian Kepada Bacalon Gubernur Jawa Tengah

September 30, 2024
Senin, 30 September 2024


 Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : A. A. Yani.

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Dikonfirmasi GUGAT news.com di sela-sela kunjungan ke salah satu rekannya yang memiliki Angkringan di Bekas Waduk Banaran, Grogol, Sukoharjo, sekaligus usai menyumbangkan suara emasnya di panggung, beliau GPH Puger, Putra Ndalem Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sekaligus kakak kandung dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung, mengaku prihatin dengan pernyataan sikap adiknya kepada Bacalon Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol Akhmad Luthfi. Menitipkan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Sebenarnya jangan sampai begitulah, cukup disampaikan kepada Bacalon Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol Akhmad Luthfi saat berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat belum.lama ini. Jangan dititipkan, ini memiliki makna yang sangat mendalam sekali. Cukup dimohonkan perhatian khusus tersendiri akan keberlangsungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai kawasan cagar budaya," pesan GPH Puger, serius.

Bagi mereka yang kurang suka dengan pernyataan Gusti Mung, lanjut Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger itu, nantinya akan membawa dampak yang kurang bagus, sekalipun Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bisa jadi berkenan memaklumi, namun tidaklah dengan yang lainnya. Dalam hal ini, kalau bisa longgar "Noto Ati" sabar dan legowo, mungkin tidak akan terjadi masalah. Toh Sinuhun PB XIII saat itu pernah dinyatakan cacat permanen dan batal demi hukum akan tuntutan yuridis, hukum. Termasuk di dalamnya Sinuhun PB XIII juga sudah tidak diperkenankan ber hukum lagi.

Namun, masih menurut penuturan Gusti Puger, kesemuanya itu dimaksudkan agar satu dengan lainnya, utamanya Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII tidak akan pernah adanya lagi benturan masalah tentang suasana dan kondisinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pastinya, apa yang dimaksudkan Gusti Wandansari itu semuanya juga bermaksud baik, demi kebaikan semua Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tetap lestari dan Kuncoro.

" Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, milik Dinasti dari Sinuhun PB II hingga Sinuhun PB XIII bukan milik Sinuhun yang bertahta bersama keluarganya apalagi perorangan atau kelompok yang ada di keraton, sama sekali bukan. Sehingga perlu adanya koordinator bersama bukan diputuskan sendiri. Memang, yang banyak berperan aktif dari Dinasti Mataram Sinuhun PB XII, namun ya tetap perlu dirembug bareng. Itulah manfaatnya kerukunan satu dengan lainnya seperti paugeran Dinasti Mataram Islam. Sesama muslim itu bersaudara," harap GPH Puger.#Yani.

Thanks for reading Gusti Puger : Sebaiknya Jangan Dititipkan Melainkan Mohon Diberikan Perhatian Kepada Bacalon Gubernur Jawa Tengah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS