Hari Ini Pesta Rakyat Sekaten Solo Sudah Selesai

September 22, 2024
Minggu, 22 September 2024


 Hari ini Minggu (22/9) Pesta Rakyat Sekaten Solo, sudah selesai setelah digelar selama 1 bulan (24 Agustus - 22 September). 

GUGAT news.com SOLO 

Semoga kemegahan, kewibawaan, praja dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali bersinar. Bukan malahan menjadi tampak kumuh, kotor dengan tinggalan sampah di sana sini dari mereka para pelaku Pesta Rakyat Sekaten Solo 2024.

Space ruangan bangunan yang ada dan menampakkan peninggalan heritage bersejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali harus bisa ditonjolkan. Artinya, wujud bangunan harus kembali utuh terbebas dari pandangan apapun, jangan sampai tertutup oleh yang lain.

Ratusan tenan stand tenda dari UMKM jangan sampai tersisa dan  malahan jadi menutupi pandangan sepenuhnya dari bentuk bangunan heritage. Sebagai misal, untuk sementara waktu selama gelaran Pesta Rakyat Sekaten Solo 2024, masih bisa dimaklumi. Tertutup nya Tugu Thomas Warsa Sinuhun Paku Buwono (PB) X.

Hanya saja, begitu Pesta Rakyat Sekaten usai harus kembali semula Cakra wibawa keraton, khususnya Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat harus kembali tampak gagah. Tidak terkecuali Meriam dan Tugu Thomas Warsa Sinuhun PB X dan lainnya. Tidak tertutup dengan suasana apapun, apalagi untuk jualan.

Harus ada pembatasan tersendiri dari pagar heritage dengan mereka stand UMKM apapun di sepanjang Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Apalagi dalam waktu dekat revitalisasi Alun alun Lor atau Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat selesai.

" Kami membuka wedangan ini juga sewa lahan, baik ada acara Sekatenan maupun tidak. Justru saat Sekaten, uang sewa lahan tenan cukup mahal jika dibandingkan kesehariannya. Selama sebulan Sekatenan, sewa tenan 3x3 bayar 6 juta. Alhamdulillah...memang menguntungkan. Berkah tersendiri dari Sekaten," ujar Yanti, penyewa stan tenan di depan Tugu Thomas Warsa.

Nantinya, lanjut Yanti, kalau memang harus dipindahkan dari depan Tugu Thomas Warsa, dirinya juga siap. Selama setelah rampung sekaten, masih bisa berjualan di area Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di taruh di manapun dia mau dan siap.

"Saya nurut saja, karena untuk kepentingan sejarah agar Tugu Thomas Warsa Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tetap tampak kelihatan utuh dan gagah. Kami di geser di manapun tidak masalah," pungkas Yanti mengaku senang jika berjualan nya tidak mengganggu nilai nilai historis. #Yani.


Thanks for reading Hari Ini Pesta Rakyat Sekaten Solo Sudah Selesai | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS