Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Direvitalisasi

September 19, 2024
Kamis, 19 September 2024


 Menara Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang mulai direvitalisasi. Foto : Yani 

GUGAT news.com SOLO

Kepada GUGAT news yang menjumpai di ruang kerjanya belum lama ini, selaku konsultan hukum Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kangjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, telah mengungkapkan, kini saatnya untuk pembangunan berskala besar terhadap revitalisasi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Bukan tanpa alasan, jika Kanjeng Edhie sapaan akrab KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH, mengatakan demikian, pasalnya Pasar Rakyat Sekaten sudah mulai dikosongkan yang ada di halaman Masjid Agung. Untuk yang diluar halaman Masjid Agung masih bisa berlangsung hingga selesai sesuai jadwal 24 Agustus -22 September 2024. Sehingga revitalisasi Masjid Agung sudah tidak terganggu lagi.

"Sebenarnya revitalisasi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga tidak terganggu meski ada acara kegiatan keagamaan termasuk Maulud Nabi Muhammad SAW atau Sekatenan dan Gerebeg Gunungan Maulud. Semuanya sesuai jadwal dan prosedur. Saat ada pasar rakyat, perbaikan dilakukan di area dalam masjid, seperti beberapa tiang Saka Guru yang mulai keropos," terang KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH.

Ditambah Kangjeng Wirabhumi, selain menyasar di dalam ruangan utama, serambi dan lahan parkir di sebelah selatan Juga bagian yang tidak mengganggu kegiatan pasar rakyat. Kini halaman Masjid Agung sudah mulai kosong dari kegiatan pasar rakyat, mulailah menyasar revitalisasi menara yang sudah terpasang jaring pengaman. 

Revitalisasi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dibiayai oleh dana dari Uni Emirat Arab (UEA) tak kurang dari 15 miliar dan dimulai pada bulan Juli itu, nantinya di harapkan bisa selesai pada bulan Desember akhir tahun 2024. Termasuk revitalisasi Sitihinggil Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.#Yani


Thanks for reading Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Direvitalisasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS