Sate, Soto Di Pasaran Rakyat Gawok

September 23, 2024
Senin, 23 September 2024


 Sate Legendaris Bu Prapto yang sudah lebih 40 tahun berjualan sate kambing, kini dilanjutkan oleh anak-anak nya. Ada di Pasaran Rakyat Gawok, Wonosari, Klaten dan Gunung Kidul, Jogjakarta. Foto : Yani 

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Selain berbelanja kebutuhan keluarga atau apa saja dan murah, bisa dipastikan lagi adalah Pasar Rakyat Gawok yang ada di Desa Geneng, Gatak, Sukoharjo, sebagai jawabannya. Selain berbelanja kebutuhan pokok juga tersedia, kebutuhan lainnya pun ada. Bahkan serasa tepat sekali dijadikan semacam rujukan destinasi wisata. Sehingga tidaklah mengherankan lagi, banyak peng goes, bersepeda dari berbagai daerah di Soloraya berdatangan ke Pasar Rakyat Gawok.

Bukan hanya itu saja, untuk kulakan peralatan dapur rumah tangga juga tersedia, semacam dapur dan lainnya. Termasuk kulakan tanaman hias juga ada di Gawok. Apalagi kulakan unggas untuk warung makan atau restaurant dengan menu daging bebek, mentok dan angsa, kualitasnya dikenal terbaik. Untuk unggas, pertanian dan perkebunan, Pasar Rakyat Gawok sudah terkenal ratusan tahun silam.

Lelah berbelanja, serasa belum pernah ke Pasar Rakyat Gawok sebelum menikmati lezatnya Soto dan Sate Kambing yang melegendaris dari ratusan tahun silam bersamaan dengan berdirinya Pasar Rakyat Gawok, kulineran Soto dan Sate Kambing sangat populer. Sah dan wajar saja, di area Pasar Tradisional Gawok itu banyak dijajakan Soto dan Sate Kambing. Baik yang ada di luar area Pasar Tradisional Gawok maupun yang di luar. Keduanya cukup populer di lingkungan penyuka soto dan sate yang datang dari berbagai daerah di Soloraya.

Salah satunya Soto Yu Yem yang berdampingan dengan Sate Kambing Bu Prapto berada di tengah tengah Pasar Rakyat Gawok itu. Mereka sudah puluhan tahun berjualan Soto dan Sate Kambing. "Saya tinggal meneruskan usaha Bapak yang sudah 40 tahun dagang sate di Pasaran Rakyat Gawok setelah beliau wafat  Alhamdulillah... sudah 6 tahun, sate kambing kami laris manis," papar Jamal, menantu Pak Prapto sambil tersenyum.

Dari pemantauan GUGAT news, ternyata apa yang diceritakan banyak orang tentang kelezatannya dan larisnya Soto Yu Yem dan Sate Kambing Bu Prapto, benar faktanya. Enak dan lezat dan pengunjung silih berganti berdatangan untuk menikmati masakan Soto Yu Yem dan Sate Kambing Bu Prapto yang memang benar enak dan murah.

Keberadaan Soto Yu Yem dan Sate Kambing Bu Prapto ini tidak tersisihkan oleh Kulineran milenia termasuk tradisional pun. Sepertinya kuliner tradisional justru, sulit untuk disaingi, mereka punya pasar tersendiri. Semacam tahu kupat, panganan serba singkong dan minuman dawet, masih saja dicari pengunjung. Pastinya, selain pasaran PON dan LEGI serta Minggu dan Minggu Pon lah paling ramai.#Yan 1.

Thanks for reading Sate, Soto Di Pasaran Rakyat Gawok | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS