Sitihinggil Kidul Keraton Solo Mulai Direvitalisasi

September 21, 2024
Sabtu, 21 September 2024


 Sitihinggil Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang mulai direvitalisasi. Foto : Yani 

GUGAT news.com SOLO 

Berdasarkan pemantauan GUGAT news beberapa hari belakangan ini, tampak mulai adanya perbaikan kecill kecilan pada area di sekitar Sitihinggil Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Bisa jadi, dimulai dari pagar besi yang mengelilingi bangunan Sitihinggil Kidul, barulah nantinya merambah ke bangunan utama, Sitihinggil Kidul.

Setidaknya ada 4 pegawai bangunan yang tampak memperbaiki kondisi pagar besi yang sudah mulai keropos dengan las dan besi untuk pengganti pagar yang telah rusak. Dan sehingga nantinya perlu diganti. Kalau saja tidak perlu diganti, cukup dirapikan dan dihilangkan korosi atau karat nya, selesai langsung di cat kembali sesuai dengan warna aslinya, biru telur bebek. 

"Kami ber empat ini sudah hampir sepekan diperintahkan oleh PT yang menangani revitalisasi Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dan diminta hanya khusus perbaikan masalah pagar yang mengelilingi bangunan Sitihinggil Kidul, lainnya tidak, termasuk pemasangan blok paving ada orangnya tersendiri," ujar salah satu tukang pagar yang tidak mau disebutkan namanya.

Begitu bekas kandang Kebo Bule yang sudah lama di dalam pagar Sitihinggil Kidul, baik yang ada di sebelah barat dan timur dirobohkan, bisa dipastikan lagi, kondisinya cukup memprihatinkan. Kini tampak kumuh, kotor dan berbau dari bekas kotoran Kebo Bule. Namun demikian, pastinya nanti seusai dari revitalisasi tentu saja akan tampak gemah ripah loh jinawi ijo royo-royo bersih, indah dan nyaman untuk dipandang berlama-lama.

Untuk sementara ini, memang tampak mangkrak lantaran belum total untuk sepenuhnya direvitalisasi. Sehingga masih tampak onggokan sampah mewarnai suasana Sitihinggil Kidul. Pedagang kaki lima termasuk pedagang sayuran kangkung yang oleh pengunjung dibeli untuk disajikan kepada Kebo Bule, Kini sekawanan Kebo Bule itu ada di kandang barunya di sebelah selatan Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sudah merasa nyaman.

Kabarnya, revitalisasi Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini juga berkaitan dengan adanya revitalisasi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kabarnya dibangun dengan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) dan ditargetkan selesai pada bulan Desember akhir tahun 2024. Bisa jadi, termasuk revitalisasi Sitihinggil Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kini sudah mulai dicicil pengerjaannya. #Yan 1.

Thanks for reading Sitihinggil Kidul Keraton Solo Mulai Direvitalisasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS