Gusti Mung Gelar Haul 43 Tahun Wafat Ibundanya RAy Pradapaningrum

Oktober 02, 2024
Rabu, 02 Oktober 2024


 GKR Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung, gelar 43 tahun wafatnya sang ibunda tercinta RAy Pradapaningrum, Selasa (1/10) bakda Lohor. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO Siang itu, saat menjelang dikumandangkannya adzan Shalat Lohor suasananya di Bangsal Semarakata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidaklah seperti biasanya, ramai dengan Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB)XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sentana Ndalem, kerabat Ndalem dan puluhan ulama di depan meja sesajian kondangan.

Hari itu bertepatan dengan 43 tahun meninggal nya ibunda Gusti Mung, Raden Ayu (RAy) Pradapaningrum istri dari Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, 28 Maulud 1445 H yang bertepatan dengan Selasa (2/10). Sehingga tidaklah mengherankan lagi, jika tampak Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, GKR Wandansari Koes Moertiyah dan GKR Koes Indriyah serta Sentana Ndalem dan Ulama.

"Alhamdulillah... sebenarnya jatuh waktunya hari ini, namun karena besuk saya ada kepentingan ke Parangkusumo, Bantul, ya saya ajukan hari ini, Selasa (1/10). Sangat nya atau tepatnya waktu haul ibu, ya sebentar lagi setelah selesai shalat lohor, barulah kita mulai." terang Gusti Mung.

Seperti haul yang sudah sudah, lanjut Gusti Mung, sama tidak ada bedanya, berdoa yang dipimpin oleh Ulama Keraton dengan bacaan dzikir, tahlil dan tahmid serta shalawatan Quraisy dan Shalawat Sultan Agung. Selesai dari bacaan doa doa tersebut barulah makanan kendurian kita makan bersama, nasi gurih, Ingkung ayam, buah pisang raja. 

"Alhamdulillah... setiap tahunnya, kami putra putri RAy Pradapaningrum selalu mengadakan haul untuk ibunda serta mendoakan saudara, kerabat bahkan Sentana Ndalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Mungkin Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga gelar haul sendiri. Karena Sinuhun PB XIII juga merupakan putra kandung dari RAy Pradapaningrum, Saya tak pernah terlewatkan gelar wilujengan atau peninggalan budaya keraton," tutur Gusti Mung.

Sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat  (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Mung senantiasa tidaklah pernah terlewatkan untuk mengadakan gelaran wilujengan atau apapun budaya peninggalan sejarah leluhur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sehingga sah dan wajar wajar saja jika istri dari Konsultan Hukum Kanjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH ini selalu mengutamakan haul ibunda tercinta nya pada setiap tahun. #Yani.

Thanks for reading Gusti Mung Gelar Haul 43 Tahun Wafat Ibundanya RAy Pradapaningrum | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS