Gusti Puger Tanggapi Santai Kehadiran Bacalon Gubernur Ahmad Luthfi Ke Keraton

Oktober 05, 2024
Sabtu, 05 Oktober 2024


 Komjen Pol Akhmad Luthfi saat kunjungan silaturahmi ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang langsung diterima Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah bersama suami Kanjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH. Foto : Yani.

GUGAT news.com SOLO

Menanggapi kunjungan silaturahmi Bacalon Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol Akhmad Luthfi ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang langsung diterima GKR Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung dan suami KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH serta salah satu Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GKR Timur Rumbai, ditanggapi santai saja oleh Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger.

Selain merupakan salah satu Putra Ndalem Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GPH Puger juga merupakan kakak kandung dari Gusti Mung yang sepertinya tampak dingin dingin saja, santai dengan adanya kehadiran Komjen Pol Akhmad Luthfi bersama tim suksesnya Bacalon Gubernur Jawa Tengah ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat belum lama ini.

"Ya sumonggo, silakan saja memang dahulunya sebelum konsisten dengan kondisi keraton, adik saya Gusti Mung ini dikenal sebagai politisi yang duduk di DPR RI, sehingga sah dan wajar saja kalau saatnya Pilkada ini, beliau kembali muncul namanya, meski tidak terjun sepenuhnya ke kancah perpolitikan. Ya Paling dimintai semacam dukungan. Mungkin demikian pula dengan Pak Luthfi. Sepenuhnya saya tidak tahu maksud dan tujuan pertemuan itu," jelas Gusti Puger, tersenyum.

Sebagai budayawan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, lanjut Gusti Puger, dirinya tidak pernah terjun langsung ke dunia perpolitikan di tanah air, sehingga lebih memilih fokus berkegiatan di seputaran budaya. Sesuai dengan AD/ART masalah keberadaan PAKASA (Paguyuban Kawula Keraton Solo) yang dibuat oleh Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekitar tahun 1931, aturan nya jelas, PAKASA tidsk berpolitik. "Ini Gusti Mung juga tahu," ujar Gusti Puger singkat.

Bahkan kabarnya, masih menurut penuturan Gusti Puger, selain Bacalon Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol Akhmad Luthfi, juga akan ada kunjungan silaturahmi dari Bacalon lainnya. Jenderal Andika Perkasa dalam waktu dekat ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. ' Untuk ini, saya tidak tahu kunjungan akan ke mana, LDA Gusti Mung atau Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kalau saya, santai saja karena tidak bersangkutan. Sumonggo, silakan saja yang berkepentingan!" kembali Gusti Puger menegaskan.

Bukan tanpa alasan, jika beliau Gusti Puger mengatakan demikian. Pasalnya, dari semenjak tahun 2016 hingga sekarang ini, dirinya untuk sementara waktu lebih memilih tinggal di luar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk kegiatan lain yang tetap saja seputar kegiatan budaya. Dari pembicaraan seminar hingga pertemuan dengan mahasiswa Universitas dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.  "Tutorial budaya, sehingga lupa berpolitik," pungkas GPH Puger tersenyum santai. #A.A. Yani.


Thanks for reading Gusti Puger Tanggapi Santai Kehadiran Bacalon Gubernur Ahmad Luthfi Ke Keraton | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS