SONDAK Art Festival Gelar Boyong Kedhaton Kartasura Ke Surakarta

Oktober 13, 2024
Minggu, 13 Oktober 2024


 SONDAK Art Festival yang ada di halaman Kalurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo ini berlangsung dari Sabtu (12-16/10) selain gelar beragam budaya juga ada gelaran puluhan UMKM. Foto ; Yani.

GUGAT news.com, SOLO

Sore itu, Minggu (13/10) di halaman Kalurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, tidaklah seperti biasanya, tampak ramai dan meriah. Bahkan setengah ruas badan jalan KH Agus Salim dari PPBS harus ditutup hingga depan Kantor Kalurahan Sondakan. 

Bukan tanpa alasan, pasalnya sore hari itu ada kirab SONDAK Art Festival yang pastinya ada ratusan orang harus memenuhi badan jalan. Setidaknya ada puluhan beragam grup barikade menyertai. Sehingga sah dan wajar saja, jalan sepanjang KH Agus Salim harus macet dari pukul 16.00-18.00 WIB lantaran adanya barisan kirab.

Dimulai dari spanduk yang membentang dengan tulisan SONDAK Art Festival yang dilanjutkan barisan beberapa jodang berisikan makanan untuk bekal dari sepanjang Kartasura menuju Desa Solo. Dilanjutkan pengawalan ketat dari dua ekor gajah untuk perjalanan Sinuhun Paku Buwono (PB) II Keraton Kartasura Hadiningrat yang sekaligus juga dikawal barikade tentara VOC Belanda. Itu semua menggambarkan kisah sejarah pindahan Keraton Kartasura ke Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Boyong Kedhaton Kartasura Hadiningrat menuju Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terjadi pada (1745. Barisan selanjutnya disusul oleh barikade Ulama dan Santri sekaligus preman preman tempo dulu yang berciri khas dengan pakaian serba kehitaman termasuk puluhan dukun yang saat ini dikenal sebagai spiritual. Kebetulan khususnya untuk barisan dukun yang menggambarkan tempo dulu, kesemuanya itu spiritual beneran dan dipimpin oleh Gus Im, santri jalanan.

Di belakang kirab grup spiritual, dilanjutkan oleh barisan puluhan emak emak dan bapak sebagai rakyat petani yang harus ikut pindah Boyong Kedhaton dari Keraton Kartasura Hadiningrat menuju ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Untuk barisan terakhir sebagai penutup kirab Boyong Kedhaton, adalah dua reog Ponorogo. Sekaligus sebagai penutup kirab budaya SONDAK Art Festival untuk pementasan di halaman Kantor Kalurahan Sondakan. #Yani.

Thanks for reading SONDAK Art Festival Gelar Boyong Kedhaton Kartasura Ke Surakarta | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS