Sondakan Segere Punya Gawe Budaya

Oktober 07, 2024
Senin, 07 Oktober 2024


 Kantor Kalurahan Sondakan, Laweyan, Solo yang ada di jalan KH Agus Salim, Sondakan RT 02 RW 06 ini akan segera punya gawe budaya. Foto : A.A. Yani 

GUGAT news.com, SOLO 

Di sela sela usai jamaah Shalat Maghrib di masjid bersejarah yang ada di Kampung Sondakan, Masjid Frobel (1927), adalah Ir Hernot Sarwani pengrajin wayang kulit yang juga merupakan warga Kampung Sondakan, kepada GUGAT news menceritakan jika dalam waktu dekat Sondakan punya gawe budaya ( 12-16 Oktober). 

"Dalam waktu dekat ini, Kampung Sondakan banyak menggelar acara budaya. Setelah sebelumnya ramai dan meriah sekali gelaran budaya di Kampung Laweyan, dilanjutkan Fashion Batik Solo 2024, Pajang. Kini giliran kampung Sondakan punya gawe budaya pada (12-16 Oktober) dengan Tajuk Sondak Art, dilanjutkan  dengan Solo International Art Camp di Ndalem Priyo Suhartan yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan," terang Hernot.

Ditambahkan Hernot, kabarnya SIAC akan mendatangkan tamu tamu wakil duta besar negara sahabat Indonesia. Sedangkan Event Napak Budaya (NBS-12) akan direncanakan berlangsung pada (17/11) mendatang event KH Samanhudi. "Sekaligus juga akan di gelar dari Dinas Pariwisata di Ndalem Priyo Suhartan Sondakan Wetan, Jalan Perintis Kemerdekaan, lengkap. Ada SIAC lanjut NBS-12," terang Hernot Sarwani.

Ditambahkan Ir Hernot Sarwani yang juga budayawan wayang kulit sekaligus seorang ustadz itu, padat sekali gelaran budaya nantinya yang diawali dari ziarah ke makam Ki Sondoko, Ki Ageng Henis, kirab budaya serta beragam tarian gambyong serta ketoprak ngampung "Kawitan Dusun Sondakan" Sholawat mocopat, Merti Sondoko hingga medar Sabdo. Bahkan ada tarian milenia Wonderland Indonesia.

Masih ada pula semacam tarian jaranan, drama musikal, Keroncong Gema LPMK. Tidak ketinggalan bagi penyuka musik cadas, akan dihadirkan "Rock In Ringin" sebagai puncak acaranya FAST BAND, SOLO JUDAS, FRANTIC dan FLASH ROCK dan pastinya tidak akan terlupakan gelar bazar UMKM pada setiap harinya (13-16/10) "Keplek Ilat Sondakan"' Meriah bukan? Datang saja nantinya ke Kantor Kalurahan Sondakan, Solo. Pasti tidaklah mengecewakan. 

"Belum selesai sampai di situ. Bulan Nopember, Kampung Sondakan juga masih punya gawe budaya. Event tahunan KH Samanhudi sekitar (17/11) yang segera disusul dengan gelar budaya dari Dinas Pariwisata Solo di Ndalem Suhartan, Sondakan Wetan," pungkas Hernot, bangga. #Yan 1.

Thanks for reading Sondakan Segere Punya Gawe Budaya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS